Wasitya D.Anggoro

Sabtu, 21 Mei 2011

Jumlah pengangguran tingkat sarjana di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2007, jumlahnya sekitar 740.000, dan awal tahun 2009 bertambah mendekati angka satu juta atau lebih dari 900.000 sarjana yang menganggur.hal ini salah satu dari kesalahan pemerintah yang secara tidak langsung mengajarkan kita jadi pegawai,apakah kita kalau jadi pegawai akan MANDIRI????? sebagai contoh bahwa dalam setiap bursa kerja selalu dipenuhi dengan lulusan sarjana yang amat banyak bahkan dalam rekuitmen pegawai trans tv yang dicatat MURI sebagai rekor seleksi karyawan denagn peserta terbanyak,seleksi bulan januari itu didahului dengan acara penyerahan piagan MURI dari pihak MURI dan disaksikan 65.000 peserta yang mengikuti ujian di gelora Bung Karno.

Anak bangsa indonesia perlu inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan harkat dan martabat bangsa indonesia tapi pemerintahpun seakan buta dan kurang begitu memandang dari segi inovasi-inovasi anak bangsa. dari sulitnya menembus birokrasi dalam meloloskan proposal riset padahal dalam menciptakan inovasi kita butuh riset yang cukup memakan banyak biaya.sehingga banyak anak-anak muda yang ingin melakukan inovasi menjadi bingung,selain mereka punya niat tapi tak bisa diaplikasikan dan akhirnya tawaran untuk sekolah dan riset diluar negeri dengan jaminan riset bakal dibiayai dengan biaya unlimited pun mulai diminati oleh anak bangsa yang mempunyai inovasi-inovasi ini.padahal kita tahu bahwa inovasi yang mereka buat itu akan diakui oleh bangsa yang membiayai sangat tidak adil hasil karya anak indonesia tapi menjadi milik negara lain.

Bisa dibayangkan jika ini terus terjadi maka akan hanya akan pertambahan-pertambahan sarjana menganggur dan dampaknya akan mengurangi dari perkembangan bangsa indonesia.perkembangan IT di dunia akan semakin pesat dari hari ke hari jika hal itu tidak dikiti maka bangsa indnesia akan tertinggal jauh dengan bangsa lain.bisa dibayangkan hari in manusia sudah tegantung pada IT hidup kita pun sudah menggunakan IT.
banyak penemuan oleh anak indonesia dan SIAPA sangka ARTAV anti virus lokal yang sudah mulai 

Banyak diunduh di dunia maya ternyata ciptaan ARRIVAL Dwi Sentosa. Siswa kelas 2 SMP 48 Bandung yang baru berusia 13 tahun ini memang memiliki kemampuan luar biasa dibandingkan anak-anak seusianya. dibantu sang kakak  Taufik Aditya Utama (Siswa kelas XII IPS 3 di SMAN 25 Bandung)
mereka berhasil membuatb anti virus ARTAV yang telah banyak diunduh oleh banyak orang dan diakui oleh banyak ornag sebagai anti virus yang ampuh.
berbeda lagi dengan Siswa Kelas 7 Sekolah Alam Bandung yang bernama Muhammad Yahya Harlan berhasil membuat sebuah jejaring sosial islami yang beralamatkan www.salingsapa.com. Jejaring sosial ini memilik 5.500 pengguna dari 52 negara
satu lagi anak hebat indonesia ahma Waluya Rosmansyah, siswa kelas VII SMP Salman Al Farisi Bandung menjadi pencipta software termuda di dunia. Ia telah menciptakan berbagai macam permainan edukasi dan salah satu permainannya telah dibeli oleh vendor telepon seluler Nokia.
ketiga anak muda indonesia ini sangat berprestasi sehingga diberikesempatan untuk mengisi kuliah umum di ITB.
mereka hanya segelintir anak muda indonesia yang dapat menciptakan karya dan inovasi.


Dalam kesemerawutan kondisi indonesia dimana kompetisi IT yang dirasa kurang, ada sebuah gebrakan dan inovasi baru untuk membangun bangsa indonesia sebuah perubahan dilakukan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia  yang akan mengadakan sebuah One Stop IT Event buatan anak bangsa yaitu Computer Festival 2011
yang akan berlangsung pada :
hari Selasa-Kamis tanggal 14-16 Juni 2011 di SMESCO Indonesia Jalan Jend Gatot Subroto Kav. 94 Jakarta Selatan.

dimana acara ini selain mengadakan event-event yang penting bagi perkembangan IT bagi Indonesia antar lain event yang berlangsung adalah 
1.Programing competition
2.Bloggimg competition
3.Game desain 
4.robot 
dimana competition seperti ini dapat memicu bahwa anak bangsa dapat menjadi yang terbaik... terbaik bagi indonesia dan dapat menjadikan indonesia mandiri.atmosfir yang kompetitif dapat lebih menunjang dan memberikan warna untuk mengembangkan IT untuk lebih dapat berinovasi-inovasi.
adapun seminar-seminar yang akan menambah pengetahuan kita mengenai dunia IT dalam seminar ini akan membahas beberapa hal antara lain:
1.expolrasi tiada henti dengan open source
2.Open Source : Pendobrak Gerbang Inovasi Menuju Kemandirian Nasional
3.Kupas Tuntas Jutaan Potensi LINUX 
4.Pemanfaatan IT sebagai sarana edukasi yang efektif dan interaktif
5.Media Online : Mengembangkan kreatifitas Diri, Memperlihatkan Karakter Bangsa
6.Kekuatan Media Sosial di Abad 21
7.Hasilkan Berjuta Ide Kreatif dengan Android
8.Peran IT sebagai Pilar Utama Meningkatkan Daya Saing Dalam Dunia Bisnis
9.Animasi 3D : Sebuah Awal Menuju Dunia Imaginasi Tanpa Batas 
10.Start Up Lokal (Gratis)  


tidak hanya seminar yang menampilkan pembicara yang luar biasa tapi dalam compfest2011 terdapat workshop yang akan lebih mengasah skill kita adpun workshop yang akan diadakan:
1.Amatir - Exploring GIMP 
2.Medium - Web Design with Wordpress* 
3.Advanced - Develop Mobile Application with Android 

selain mengadakan seminar dan workshop dalam compfest2011 juga mengadakan exibition dan hiburan yang bakal lebih memeriakan acara comfest 2011.


informasi lebih lanjut kunjungi :www.compfest2011.com     

SEMOGA APA YANG DILAKUKAN FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS INDONESIA DAPAT MENJADI ANAK-ANAK MUDA DAN INDONESIA LEBIH MAJU DALAM BIDANG IT 
INDONESIA BISA! 




"BANGSA YANG BESAR ADALAH BANGSA YANG TIDAK MELUPAKAN SEJARAH DAN MENGUSAI TEKNOLOGI"


refensi from:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7022292
            http://www.itb.ac.id/news/3107.xhtml



Terimakasih sudah membaca ^_^ wasityadwianggoro@gmail.com

1 komentar: